Hal-hal sepele membuat kesempurnaan, dan kesempurnaan bukanlah hal sepele

Thursday, April 7, 2011

ENGKAU BUKAN ORANG ASING (1)

bila aku menuliskan semuanya ini di sini
aku tak bermaksud membelenggumu
dengan kenangan sejarah
juga tak mengharapmu
tak mau meneruskan langkah hidupmu
aku ingin satu hal
kita belajar dengan hati dan budi
yang bening dan hening
mencoba memaknai guratan-guratan yang sempat
menorehkan sesuatu pada hidup kita

dik, engkau bukan orang asing lagi dalam kehidupanku
seperti kembang kemuning yang mungil
kini engkau tertanam menghias taman hatiku
engkau bukan satu-satunya yang ada di sana
jika engkau mengetahui hal ini
jangan lantas bergumam
‘aku satu dari koleksi yang telah ada’
seluruh hidupku bukanlah
deretan aktivitas mengkoleksi
engkau bukanlah barang
tapi hati yang punya jiwa
yang juga punya kehidupan dan rencana-rencana
jika engkau mengetahui hal ini
aku ingin engkau berteriak:
‘aku sekarang tak lagi sendirian’
seluruh hidupku adalah barisan tindakan
yang memiliki satu tujuan
agar orang tak merasakan
bahwa hidupnya sebatang kara
sendirian
tanpa siapa-siapa

No comments: