Hal-hal sepele membuat kesempurnaan, dan kesempurnaan bukanlah hal sepele

Saturday, June 22, 2013

AMBILKAN BULAN

malam ini cerah
bintang mulai berkeliaran di atas sana
sesekali terlihat bergerak
entah cuman berpindah entah jatuh
aku tak mau terlalu memikirkannya

kuambil tanggaku tapi tak cukup
kulari memanjat puhon durian tetap gak cukup
kudaki Gunung Salak tak juga cukup
aku pulang untuk membawa keduanya
dan berlari ke atas Gunung Salak
tapi ternyata juga tak sampai

aku berlari ke rumahmu
untuk bertanya siapa tahu permintaanmu berubah

tapi manakala aku melihatmu
berpakaian pesta
dengan wajah memandang ke atas
aku jadi amat sedih

kutinggalkan engkau tapi saat aku melihat angkasa
seperti ada yang bergerak
tanpa banyak pertimbangan aku segera berdoa:
‘Wahai Dewata, ambilkanku bulan
untuk hadiah adik tersayang
tapi saat mataku kubuka perlahan
di atas angkasa itu nampak tulisan besar:
kita tak memiliki sayap malaikat
kita manusia biasa
mungkin kita bisa menolong orang lain
itulah pekerjaan kita
perbuatan buruk tidak selalu hitam
sayang sekali di dunia ini hanya segelintir orang
yang berpikir seperti itu
yang bersedia mengulurkan tangannya
yang bersedia menjadi malaikat tanpa sayap

meski tak begitu memahaminya
aku segera berbalik kepadamu
dan dengan keyakinan kukatakan ini:
kita tak selalu di jalan terang
karena hidup ini bagaikan roda
kadang gembira kadang menderita
saat gembira adalah saat berbagi
saat menderita adalah saat memurnikan motivasi
itulah hidup kita
sayang tak semua dari kita percaya akan hal itu
matahari yang cemerlang
namun juga rembulan yang redup
tapi redup yang tak meremangkan sebuah asa
sehingga aku tak perlu lagi bersedih
karena dirimu adalah rembulan itu sendiri

segera kutinggalkan engkau
tak kuhiraukan apakah engkau mengerti atau tidak
dengan semua ucapanku
dan ketika aku masih ada dalam jangkauan penglihatanmu
kuserukan:
slamat ulang tahun …..
panjanglah umurmu wahai rembulan !

No comments: